Senin, 26 Agustus 2019

HIKMAH BERIMAN PADA HARI AKHIR

MATERI AJAR

Hari/Tanggal    : Selasa, 27 Agustus 2019
Pertemuan Ke  : 7 ( Kelas VI C dan VI D )

Iman kepada hari akhir berarti kita mempercayai bahwa kehidupan di dunia akan berakhir, yang kemudian dilanjutkan dengan kehidupan di akhirat. Hari akhir ditandai dengan ditiupnya sangkakala oleh malaikat Israfil. Untuk beriman kepada hari akhir caranya adalah meyakini dengan sepenuh hati, bahwa kiamat itu akan benar-benar terjadi sebagai hari pembalasan bagi amal perbuatan manusia. Pada hari itu , Allah Swt. Akan menghisab (menghitung), memberi keputusan, dan menetapkan hukum terhadap segala amalan manusia.
Di antara hikmah dan fungsi hari akhir itu antara lain sebagai berikut.
  1. Dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan seseorang.
  1. Akan senantiasa berbuat baik dan menghindari perbuatan dosa yang sia-sia.
  1. Akan mendorong seseorang untuk bersemangat dalam berkarya.
  1. Mendidik manusia untuk belajar dan memprediksikan serta mempersiapkan masa depan.
  1. Memperjelas tujuan hidup manusia di dunia.
      6. Muncul Rasa Takut Tidak Mampu Mempertanggungjawabkan 

 “(yaitu) orang-orang yang takut akan (azab) Tuhan mereka, sedang mereka tidak melihat-Nya, dan mereka merasa takut akan (tibanya) hari kiamat”. (QS Al Anbiya : 49)

Agar tetap Beriman Kepada Hari Akhir

Hasil gambar untuk gambar orang berdoa sambil menangisAgar beriman kepada hari akhir, maka seorang muslim harus senantiasa mempelajari dan memahami informasi tersebut dalam Al-Quran. Orang-orang yang tidak percaya pada hari akhir, biasanya adalah mereka yang belum pernah menghayati fenomena alam serta apa yang disampaikan dalam Al-Quran. Sejatinya, jika mereka benar-benar menghayati maka akan benar-benar beriman dan takut kepada hari akhir. Sebagaimana dalam ayat berikut.
“Orang-orang yang tidak beriman kepada hari kiamat meminta supaya hari itu segera didatangkan dan orang-orang yang beriman merasa takut kepadanya dan mereka yakin bahwa kiamat itu adalah benar (akan terjadi). Ketahuilah bahwa sesungguhnya orang-orang yang membantah tentang terjadinya kiamat itu benar-benar dalam kesesatan yang jauh. QS Asy-Syura : 18)
Agar tetap beriman kepada hari akhir, cara satu-satunya adalah senantiasa menggali informasi tentang hari akhir dari berbagai pendekatan. Informasi dari Al-Quran, Sains, Hadist, dan ilmu terapan lainnya akan menunjukkan bahwa hari akhir benar akan terjadi dan tidak dapat dipungkiri walaupun manusia berlari ke planet manapun.
Sungguh telah rugilah orang-orang yang mendustakan pertemuan mereka dengan Tuhan; sehingga apabila kiamat datang kepada mereka dengan tiba-tiba, mereka berkata: “Alangkah besarnya penyesalan kami, terhadap kelalaian kami tentang kiamat itu!”, sambil mereka memikul dosa-dosa di atas punggungnya. Ingatlah, amat buruklah apa yang mereka pikul itu”. (QS Al An’Am: 31)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar