Kamis, 06 Februari 2020

MATERI AJAR


Senangnya Berakhlak Terpuji

Materi Ajar

Hari/ tanggal     : Kamis,  6 Februari  2020
Pertemuan Ke   : 5, ( Kelas VI G,  C  dan VI D)

KD : Memahami Makna Berbaik Sangka Simpati, Toleran, Hidup Rukun serta Hormat & Patuh kepada Orang tua, Guru dan sesama Anggota Keluarga


Berbaik Sangka
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata ”sangka” artinya duga atau taksir. Berbaik sangka adalah menduga yang baik terhadap sesuatu.
Berpikir positif adalah perilaku terpuji. Lawan kata berbaik sangka adalah berburuk sangka atau prasangka. Siswa yang baik akan menghindari prasangka buruk terhadap orang lain.Allah Swt. di dalam Q.S. al-hujurat/49:12 berfirman:
Artinya: ”Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang."
Di dalam Q.S. al-hujurat/49:12, Allah Swt. sudah mengingatkan kita agar menjauhi prasangka buruk, jangan mencari-cari kesalahan dan kejelekan orang lain. Karena apa yang kita sangkakan belum tentu kebenarannya. Di samping itu, diri kita belum tentu lebih baik dari orang yang kita jelek-jelekkan tersebut. Ayat tersebut di atas didukung pula oleh hadis Rasulullah saw. berikut ini.
”. . . Hati-hati kalian dari prasangka buruk karena §an/prasangka buruk itu adalah sedusta-dusta ucapan. Dan janganlah kalian memata-matai.” (H.R. al-Bukhri dan Muslim)

Contoh Berbaik Sangka
a. Tanpa curiga, Ahmad meminjamkan uang jajannya kepada Karim untuk membeli buku.
b. Kamila menerima peraturan orang tuanya untuk bangun pagi agar bisa salat subuh berjamaah dan membersihkan tempat tidur sendiri.
c. Karlina menerima aturan orang tuanya untuk mengikuti les privat mengaji di rumah, walaupun ia tidak keluar rumah setelah pulang sekolah.
d. Herman memahami sahabatnya Zakaria yang tidak ikut piknik ke TamanMini Indonesia Indah (TMII) karena ternyata Zakaria harus mengikuti ujian renang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar