Selasa, 30 Juli 2019

MATERI AJAR



Indahnya Saling Menghormati
Tanggal         : 29 juli-2 agustus 2019
Pertemuan ke 3 :  Cara Menulis  dan Memahami Arti Q.S.  Al-Kafirun
Agar tulisan benar dan baik, aku harus memperhatikan huruf hijaiyah
yang dapat disambung di awal, di tengah, dan di akhir. Juga harus
memperhatikan huruf yang hanya bisa disambung di akhir. Di bawah ini, contoh
huruf hijaiyah yang dapat disambung di awal, di tengah, dan di akhir.

Untuk memahami arti surat Q.S. al-K±firμn, marilah kita bermain merangkai kata.
Aturan bermain merangkai kata adalah sebagai berikut.
1. Siswa dibagi menjadi 6 (enam) kelompok.
2. Siswa-siswi dalam satu kelompok harus menyusun potongan-potongan kertas
berukuran 3 x 5 cm yang sudah disediakan oleh guru (sesuai keinginan guru)
dan telah ditulisi penggalan ayat dan arti Q.S. al-K±firμn oleh guru Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti.
3. Siswa mencocokkan potongan-potongan kertas yang berisi penggalan ayat
dan arti surat Q.S. al-K±firμn sehingga kata-kata tersebut tersusun menjadi
kalimat ayat dan arti ayat utuh.
4. Kelompok yang telah menyelesaikan penyusunan ayat dan arti utuh surat,
kemudian mencocokkan/memasangkan ayat dan artinya dengan tepat.
5. Tiap kelompok harus memasangkan/mencocokkan satu ayat dan artinya.
6. Tiap kelompok menyusun ayat berikut artinya sehingga menjadi Q.S. al-K±firμn
berikut artinya secara utuh.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar